Pengertian Administrasi Secara
etimologis, administrasi berasal dari bahasa latin yang terdiri dari kata ad
yang berarti intensif dan ministraire yang berarti to serve (melayani).
Literatur lain menjelaskan bahwa administrasi merupakan terjemahan dari bahasa
Inggris yaitu administration yang bentuk infinitifnya adalah to administer.
Dalam Oxford Advanced
Learner’s Dictionary of Current
English (1974), kata administer diartikan sebagai to manage (mengelola) atau to
direct (menggerakkan) (Ulbert Silalahi 1992: 2-3).
Kata administrasi juga berasal dari
bahasa Belanda, yaitu administratie yang meliputi kegiatan catat mencatat,
surat menyurat, pembukaan ringan, ketik mengetik, agenda dan sebagainya yang
bersifat teknis ketatausahaan (clrecical work) (Suwarno Handayaningrat, 1988:
2) Secara ilmu, menurut Leonard D. White (dalam Introduction to Study of Public
Administration), administrasi adalah suatu proses yang pada umumnya terdapat
pada semua usaha kelompok Negara atau swasta, sipil atau militer, usaha yang
besar atau yang kecil dan sebagainya. Sementara itu The Liang Gie (1980)
menyatakan bahwa administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan penataan
terhadap pekerjaan pokok yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam kerja sama
mencapai tujuan tertentu . William H. Newman (dalam Administrative Action The
Techniques of Organization and Management) mendefinisikan administrasi sebagai
pembimbingan, kepemimpinan dan pengawasan usaha-usaha suatu kelompok
orang-orang ke arah pencapaian tujuan bersama. Sondang P. Siagian (dalam
Filsafat Administrasi) berpendapat bahwa administrasi merupakan keseluruhan
proses kerjasama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas
rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
Sementara itu Dwight Waldo (1971)
mendefinisikan administrasi sebagai
suatu daya upaya manusia yang kooperatif yang mempunyai tingkat rasionalitas
yang tinggi. Dengan demikian pengertian administrasi dapat dikelompokkan dalam
dua kategori 1 yaitu :
1. Pengertian administrasi dalam
arti sempit Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan penyusunan dan
pencatatan data dan informasi secara sistematis dengan maksud untuk menyediakan
keterangan serta memudahkan memperolehnya kembali secara keseluruhan dan dalam
hubungannya satu sama lain. Administrasi dalam arti sempit inilah yang
sebenarnya lebih tepat disebut tata usaha (clerical work / office work).
Seluruh kegiatan ketatausahaan dapat dirangkum dalam tiga kelompok, yaitu
korespondensi, ekspedisi, dan pengarsipan.
2. Pengertian administrasi dalam
arti luas Administrasi dalam arti luas adalah kegiatan kerjasama yang dilakukan
sekelompok orang berdasarkan pembagian kerja sebagaimana ditentukan dalam
struktur dengan mendayagunakan sumber daya-sumber daya untuk mencapai tujuan
secara efektif dan efisien. Jadi administrasi dalam arti luas memiliki
unsur-unsur : sekelompok orang, kerjasama, pembagian tugas secara terstruktur,
kegiatan yang runtut dalam proses, tujuan yang akan dicapai, dan memanfaatkan
berbagai sumber.
Administrasi Perkantoran
Administrasi perkantoran ditinjau dari sudut ilmu berinduk pada administrasi.
Definisi administrasi perkantoran dalam makalah ini ialah usaha penyelenggaraan
perkantoran guna membantu pucuk pimpinan organisasi dalam pengambilan
keputusan dan
encapaian tujuan
organisasi, atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah
office management. IIAdministrasi
perkantoran meliputi kegiatan pelayanan keamanan,
kebersihan dan keindahan, pelayanan tamu, pelayanan telepon, pelayanan kepegawaian, pelayanan kesiswaan, pelayanan keuangan,
pelayanan umum, pelayanan surat menyurat
dan ekspedisi.
Pelayanan Keamanan,
Kebersihan, dan Keindahan 1. Pelayanan
Keamanan Dalam rangka pelayanan keamanan
diberdayakan 2 petugas satpam yang
tugasnya meliputi menata dan mengamankan parkir kendaraan pegawai dan tamu, mencatat dan melaporkan tamu yang datang dan
pulang, serta mengamankan lingkungan
sekolah. 2. Pelayanan Kebersihan dan
Keindahan Pelayanan kebersihan dan
keindahan dilakukan oleh 1 orang petugas kebersihan dan keindahan,
dengan melibatkan pula beberapa orang guru pembina 7K dan siswa, serta guru piket.
Pelayanan Tamu dan
Telepon Pelayanan tamu dilakukan oleh
satu orang petugas penerima tamu, yang
bertugas memandu tamu sesuai dengan maksud dan tujuan si tamu. Sedangkan pelayanan
telepon terbatas pada melayani telepon yang masuk, lalu meneruskan atau menindak-lanjuti
sesuai dengan maksud dan tujuan si penelepon. C. Pelayanan kepegawaian Pelayanan
kepegawaian meliputi: melengkapi arsip data kepegawaian setiap individu pegawai pada file yang tersedia, mengisi
daftar induk kepegawaian, membuat laporan
bulanan keadaan pegawai, mengurus secara administrasi mengenai usul-usul kepegawaian seperti usul PAK, usul kenaikan pangkat,
usul kenaikan gaji berkala, usul mutasi tugas atau mutasi jabatan,
permintaan cuti/izin, membuat data dan analisis kepegawaian,
dan lain-lain. Pelayanan kepegawaian dilakukan secara manual dan digital sesuai dengan kebutuhan. D. Pelayanan kesiswaan Pelayanan kesiswaan meliputi tugas-tugas: membuat klapper, mengisi daftar
induk siswa, data keadaan siswa setiap bulan, surat menyurat kesiswaan
dan administrasi pembinaan kesiswaan. Semuanya dilakukan secara manual dan digital sesuai dengan kebutuhan.
Pelayanan keuangan Pelayanan keuangan berupa daftar pembayaran
gaji/honor/dana transportasi/dsb, membuat
RAPBS bersama dengan tim khusus, pengadaan ATK/operasional sekolah, proposal
pendanaan/subsidi bekerja sama dengan komite sekolah/instansi terkait, dan lain- lain. Semua
kegiatan dilakukan secara manual dan digital sesuai dengan kebutuhan.
Pelayanan umum Pelayanan umum meliputi: persuratan dan kegiatan
administrasi umum, yang tidak memerlukan
penanganan khusus seperti legalisir, penggandan dengan mesin stensil, dokumentasi kegiatan, konsumsi/akomodasi, penyajian
data dan sejenisnya.
Pelayanan surat menyurat dan ekspedisi Surat menyurat dan ekspedisi dilakukan oleh petugas
khusus agar terjamin keakuratan,
penyampaian dan efektivitasnya. Selain dari itu untuk memudahkan pengecekan
jika dibutuhkan dan jira terjadi hal-hal yang tak
diinginkan sehubungan
dengan surat-menyurat
yang ada. Demikian secara garis besar
mengenai pelayanan administrasi perkantoran yang ada . Rincian tugas dan
kegiatan secara detail dan lebih jelas dituangkan
dalam buku panduan pelaksanaan tugas-tugas administrasi perkantoran.
Administrasi
perkantoran merupakan bagian dari administrasi secara umum, karena itu dalam administrasi perkantoran, khususnya
diterapkan sesuai dengan makna dan
tujuan administrasi itu sendiri, sebagaimana teori administrasi yang telah diuraikan dalam bagian pendahuluan dari makalah
singkat ini. Administrasi yang baik
membutuhkan office management yang baik pula, dan office management yang baik membutuhkan seorang
office manager yang baik. Office manager
yang baik harus pula memiliki seorang administrator yang baik, yang mampu memberdayakan semua potensi yang ada dalam organisasi
yang dipimpinnya secara harmonis dan
berkesinambungan.
0 komentar :
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar anda dibawah postingan ini.terima kasih jika anda berkomentar secara positif dan membangun.